Cara install wordpress di cpanel mudah

Cara Install WordPress di cPanel Melalui Softaculous
Adapun cara install WordPress di Softaculous yaitu,

  1. Login cPanel Hosting
    Masuk ke dalam cPanel anda melalui https://namadomain/cpanel,
    enter image description here
    lalu login sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Jika masih bingung silahkan baca Cara Login cPanel Hosting.
    enter image description here
  2. Memilih Softaculous Apps Installer
    Kemudian masuk ke halaman cPanel. Pada kolom pencarian ketikkan “softaculous” lalu pilih “Softaculous Apps Installer”
    enter image description here
  3. Memilih WordPress
    Maka anda akan diarahkan ke dashboard Softaculous. Terdapat berbagai macam Content Management System (CMS) yang dapat anda pilih. Untuk melakukan instalasi wordpress, maka pilih WordPress.
    enter image description here

Kemudian anda akan masuk ke halaman WordPress di Softaculous. Anda dapat melihat fitur wordpress, beberapa screenshots, review dan sebagainya. Adapun versi WordPress yang terdapat dalam Softaculous merupakan versi yang terbaru. Kali ini yang digunakan yaitu versi WordPress 4.5.1. Pilih Install Now untuk melakukan proses instalasi.
enter image description here

  1. Mengisi Konfigurasi WordPress
    Setelah itu, anda harus mengisi beberapa konfigurasi. Pertama, pada kolom Software Setup. Pada bagian Choose Protocol, isikan protokol yang diinginkan. Apabila website anda menggunakan SSL maka diisi https://. Apabila tidak, biarkan default https://. Pada bagian Choose Domain, isikan nama domain yang anda miliki. Domain ini akan menjadi domain dari website wordpress yang akan dibuat. Lalu kosongkan pada bagian In Directory, agar website wordpress terinstall di dalam domain langsung.
    enter image description here

Kedua, pada kolom Site Settings masukkan judul dan deskripsi dari website yang akan dibuat. Isikan sesuai dengan keinginan anda.
enter image description here

Ketiga masukkan username dan password dari wordpress. Username dan password ini nantinya digunakan pada saat login di wp-admin atau di wp-login. Jadi, jangan sampai lupa.
enter image description here

Keempat, pilih bahasa dan plugin yang digunakan. Sesuaikan dengan bahasa yang anda kuasai. Untuk pemilihan plugin, anda dapat memberikan tanda centang pada Limit Login Attempts yang berfungsi untuk membatasi login user wordpress. Sehingga, website anda akan menjadi lebih aman.
enter image description here

Bagi anda yang masih ingin menggunakan editor classic, silakan beri tanda centang pada Classic Editor. Perlu diketahui bahwa WordPress Versi 5.0 telah menggunakan editor gutenberg. Apa itu Editor Gutenberg WordPress? Apa saja fitur terbarunya? Silakan cek Fitur Terbaru WordPress Versi 5.0.

Setelah itu, klik tanda “+” pada Advanced Options untuk melakukan konfigurasi database wordpress. Isikan nama database, dan table. Anda dapat mengatur notifikasi update, auto upgrade, automatic backup maupun kuota backup. Apabila telah selesai, maka klik Install
enter image description here

Tunggu hingga proses instalasi selesai.
enter image description here

  1. Instalasi WordPress Telah Selesai
    Setelah proses instalasi selesai, maka akan muncul informasi mengenai domain yang anda gunakan tadi. Untuk mengakses website maka anda cukup mengakses URL yang terdapat dalam informasi tersebut. Untuk mengakses dashboard admin, anda dapat menambahkan /wp-admin. Untuk lebih jelasnya, anda dapat mengakses Panduan WordPress. Mau WordPress kamu lebih aman? Yuk ikuti cara agar wordpress aman dari hacker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *